Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Suasana Terhadap Kepuasan Pelanggan di Ichiban Sushi Mall Cipinang Indah

  • Maylinda Riska Ayu STIE Pariwisata Internasional
  • Darwin Raja Unggul Saragih
Keywords: Product Quality, Service Quality, Atmosphere, Customer Satisfaction

Abstract

This study aims to determine the influence of product quality, service quality, and atmosphere on customer satisfaction at Ichiban Sushi Mall Cipinang Indah. The sampling technique was non-probability, with a purposive sampling method of 100 respondents. The population in this study is customers who have come to Ichiban Sushi Mall Cipinang Indah more than twice. The quantitative analysis method is a multiple linear regression analysis using SPSS version 21. The results showed that product quality had a positive and significant effect on customer satisfaction, service quality had a positive and significant effect on customer satisfaction, and the atmosphere had a positive and significant effect on customer satisfaction. Product quality, service quality and atmosphere simultaneously had a positive and significant effect on customer satisfaction

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan suasana terhadap kepuasan pelanggan di Ichiban Sushi Mall Cipinang Indah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling, dengan metode purposive sampling sebanyak 100 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah datang di Ichiban Sushi Mall Cipinang Indah lebih dari dua kali. Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan suasana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas produk, kualitas pelayanan dan suasana secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Published
2022-08-31