PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN MAJUMAPAN KOPI
Abstract
Peningkatan loyalitas dari pelanggan merupakan tujuan akhir setiap orang dalam pengelolaan industri makanan dan minuman. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi apakah kualitas pelayanan, dan persepsi harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan pada majumapan kopi. Sebanyak 140 sampel responden dikumpulkan oleh penulis dengan memanfaatkan program SmartPLS 3 dan teknik analisis Partial Least Square (PLS). Uraian yang komprehensif, jujur, dan akurat tentang keterkaitan antara fenomena yang diteliti disajikan dalam penelitian ini dengan menggunakan metodologi kuantitatif dan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah Pelanggan yang baru-baru ini mengunjungi dan membeli produk majumampan coffe dalam 2 bulan terakhir. Hasil penelitian ini mengidentifikasi bahwa kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, persepsi harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada majumampan kopiĀ secara keseluruhan, dengan kesesuaian model. Penelitian (Model Fit) 78%.