MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN SUASANA TEMPAT PADA DAMAI INDAH GOLF PANTAI INDAH KAPUK
Abstract
The purpose of this study is to investigate the role of service quality, price perception, and the overall ambiance of the establishment in boosting customer satisfaction at Damai Indah Golf PIK. This study employs a quantitative approach in the form of a survey, with 184 clients receiving questionnaires. Purposive sampling was used to identify respondents by sending questionnaires to clients who had done golf tourism at the research item at least twice. Multiple linear regression analysis is used in the analytical approach, which is carried out using SPSS 26 software tools. The findings indicate that enhancing service quality has a considerable impact on customer satisfaction. The same issue happened with client happiness and price perception. As a result, all three variables have a considerable impact on consumer satisfaction at the same time
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran kualitas layanan, persepsi harga, dan keseluruhan suasana pendirian dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Damai Indah Golf PIK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk survei, dengan 184 pelanggan penerima kuesioner. Purposive sampling digunakan untuk mengidentifikasi responden dengan mengirimkan kuesioner kepada pelanggan yang pernah melakukan wisata golf pada dengan minimal dua kali menggunakan jasa. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk pendekatan analisis dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 26. Temuan ini menunjukkan kualitas layanan dampaknya cukup besar pada kepuasan pelanggan. Kondisi yang sama terjadi dengan kebahagiaan pelanggan dan persepsi harga. Secara simultan, ketiga variabel dampaknya cukup besar terhadap kepuasan konsumen pada waktu yang sama.