Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk Jakarta

Main Article Content

Imam Ardiansyah
Hari Iskandar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi wisatawan terhadap keputusan pembelian di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner kepada sampel wisatawan yang berkunjung ke Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk. Analisis regresi digunakan untuk menguji pengaruh faktor-faktor motivasi terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor motivasi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Faktor pendorong motivasi, seperti atraksi yang menarik dan inovatif, berkontribusi secara positif terhadap keputusan pembelian, sementara faktor penarik motivasi, seperti fasilitas dan kenyamanan, tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini juga menunjukkan pentingnya peran pengelola dalam memahami dan memenuhi motivasi wisatawan untuk meningkatkan keputusan pembelian. Selain itu, penggunaan media sosial dan platform digital menjadi strategi yang efektif dalam mempromosikan Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk kepada calon wisatawan. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pengelola untuk meningkatkan pengalaman wisatawan dan merancang strategi pemasaran yang lebih efektif. Penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian wisatawan di destinasi pariwisata alam.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Adinegara, G. N. J. (2021). Anteseden Dan Konsekuensi Kepuasan Wisatawan Yang Berkunjung Ke Bali. Deepublish.
Astiti, N. K. A. (2018). Sumber Daya Arkeologi Kutai Kartanegara: Keragaman Budaya Sebagai Identitas Budaya Dan Daya Tarik Wisata (Archaeological Resources Of Kutai Kartanegara: Cultural Diversity As Cultural Identity And A Tourist Attraction). Naditira Widya, 12(1), 71.
Astriawati, N. (2016). Penerapan Analisis Regresi Linier Berganda Untuk Menentukan Pengaruh Pelayanan Pendidikan Terhadap Efektifitas Belajar Taruna Di Akademi Maritim Yogyakarta. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 14(23), 22–37.
Bambang Supriadi, S. E., & Roedjinandari, N. (2017). Perencanaan Dan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Universitas Negeri Malang.
Ernawati, N. (2017). Host–Guest Orientations Of Community-Based Tourism Products: A Case Study In Bali, Indonesia. International Journal Of Tourism Research, 19(3), 367–382. Https://Doi.Org/10.1002/Jtr.2119
Fitrah, M. (2018). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Cv Jejak (Jejak Publisher).
Keliwar, S., & Nurcahyo, A. (2015). Motivasi Dan Persepsi Pengunjung Terhadap Obyek Wisata Desa Budaya Pampang Di Samarinda. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 12(2).
Laksono, A. A., Sartika, I., Desmitasari, R., Atmayadin, M., & Dewi Atmaja, A. P. (N.D.). Analisis Regresi Terapan Metode-Metode Pemilihan Persamaan Terbaik Regresi Berganda.
Lastari S, P. D. (2019). Pengaruh Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Kampung Kapitan Palembang. Politeknik Negeri Sriwijaya.
Marini, S., & Intan, A. J. M. (2022). Tren Solo Traveler Dalam Minat Berwisata Di Era New Normal: Perspektif Generasi Milenial. Barista: Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata, 9(02), 78–98.
Mcintosh, R. W., Goeldner, C. R., & Ritchie, J. R. B. (1995). Tourism: Principles, Practices, Philosophies. (Issue Ed. 7). John Wiley And Sons.
Mongi, L., Mananeke, L., & Repi, A. (2013). Kualitas Produk, Strategi Promosi Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel Di Kota Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).
Oka, I. M. D., Sudiarta, M., & Darmayanti, P. W. (2021). Warisan Cagar Budaya Sebagai Ikon Desa Wisata Kaba-Kaba, Kabupaten Tabanan, Bali. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(2), 163–169.
Purwanto, E. A., & Sulistyasturi, D. R. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Rani, F. P., Kusuma, H. E., & Tampubolon, A. C. (2020). Hubungan Motivasi, Kegiatan Dan Karakter Tempat Wisata Pada Pusaka Saujana Imogiri, Yogyakarta. Jumpa.
Setyawati, W. A., Rifa’i, M., & Sasmito, C. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga Dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Pasien. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(2), 50–63.
Sinurat, A. (2023). Persepsi Wisatawan Terhadap Push Factor Dan Pull Factor Serta Peran Pengelola Pada Objek Wisata Pantai Kerang Mas Lampung Timur.
Suprihatin, W. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Wisatawan Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pariwisata Di Nusa Tenggara Barat). Bestari, 1(1), 56–66.
Susanto, N. H. (2018). Mengurai Problematika Pendidikan Nasional Berbasis Teori Motivasi Abraham Maslow Dan David Mcclelland. Lembaran Ilmu Kependidikan, 47(1), 30–39.
Trimurti, C. P., & Utama, I. G. B. R. (2020). Model Pengembangan Destinasi Dalam Perspektif Motivasi Berwisata. Deepublish.
Yusendra, A. E. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Destinasi Wisata Bagi Wisatawan Domestik Nusantara. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 1(01), 46–64.