Solusi Design architecture Pemanfaatan Media Sosial dan Sistem Terintegrasi Untuk Strategi Peningkatan Kualitas Objek Wisata

Main Article Content

Riama Santy Sitorus
B. Junedi Hutagaol

Abstract

Sistem Informasi memiliki peran penting dalam industri pariwisata dengan berbagai fungsi yang mendukung pengelolaan dan pemasaran destinasi wisata. Promosi dan penyampaian informasi penting dari objek wisata dengan waktu yang cepat sangatlah penting untuk menjangkau calon wistawan dengan cepat. Wisatawan di era digital ini selalu menggunakan ponsel mereka untuk mencari informasi terkait objek wisata. Salah satu platform yang digunakan adalah media sosial. Wisatawan sering juga mengunggah foto, video, atau berbagi pengalaman mereka di platform media sosial. Dengan demikian promosi , penyampaian informasi penting, serta memahami kebutuhan wisatawan dengan menggunakan media sosial merupakan hal yang bijak untuk dilakukan.


Platform media sosial menyediakan layanan Open API yang memampukan pelanggan nya untuk terhubung secara sistem. Layanan ini bisa digunakan baik untuk mengunggah informasi ke media sosial maupun mengambil data dari media sosial. Sistem informasi dengan bantuin teknologi Open API memampukan Perusahaan atau organisasi wisata untuk melakukannya dengan cepat. Perusahaan wisata bisa menghubungkan sistem informasi yang mereka miliki dengan platform media sosial. Menghubungkan sistem informasi dengan media sosial melalui API bisa menjadi alat penting untuk mengambil Keputusan dengan cepat sehingga bisa mendukung dan strategi dalam pengembangan industri pariwisata. Namun perlu diperhatikan bahwa sistem informasi yang dibangun harus memiliki design architecture yang tepat, sehingga mendapatkan hasil yang efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Barnett, S., Vasa, R., & Tang, A. (2015). A Conceptual Model for Architecting Mobile Applications. Proceedings - 12th Working IEEE/IFIP Conference on Software Architecture, WICSA 2015, 105–114. https://doi.org/10.1109/WICSA.2015.28
Candra, I. G. A. A. (2022). Strategy for Development of Tourism Attraction of the Arca Valley As a Bathing Tourism Object in the Tegenan. 01(04), 716–734.
Jundillah, M. L., Setyadi, H. J., Wardana, R. H., Saputra, M. R., & Arif, A. (2023). Perbaikan Fasilitas Kampung Ketupat Dengan Tema “Peranan Akademisi Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Fasilitas Dan Wawasan Masyarakat Kampung Ketupat Sebagai Aset Wisata Kota Samarinda.” Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Teknologi Dan Sistem Informasi (PETISI), 1(1), 14–19. https://doi.org/10.30872/petisi.v1i1.738
Liao, W., & Chhoeut, R. (2017). Using Sosial Networking APIs to Collect Real-time Data for Analytics. Proc. W. Va. Acad. Sci, 89(1).
Lomborg, S., & Bechmann, A. (2014). Using APIs for Data Collection on Media sosial. Information Society, 30(4), 256–265. https://doi.org/10.1080/01972243.2014.915276
Meta. (n.d.). Instagram Graph API. Retrieved March 4, 2024, from https://developers.facebook.com/docs/instagram-api/
Molinillo, S., & Japutra, A. (2017). Factors influencing domestic tourist attendance at cultural attractions in Andalusia, Spain. Journal of Destination Marketing and Management, 6(4), 456–464. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2016.09.011
Pais, S., Cordeiro, J., Martins, R., & Albardeiro, M. (2019). Sosialnetcrawler - Online sosial network crawler. 11th International Conference on Management of Digital EcoSistems, MEDES 2019, 16–22. https://doi.org/10.1145/3297662.3365805
Ruas, R., & Barbosa, B. (2021). Tourist Media sosial Engagement. 192–212. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-8165-0.ch012
Tik Tok for developers. (n.d.). Retrieved March 4, 2024, from https://developers.tiktok.com/
Twitter API. (n.d.). Retrieved March 4, 2024, from https://developer.twitter.com/en/docs/twitter-api
Vengesayi, S., Mavondo, F. T., & Reisinger, Y. (2009). Tourism destination attractiveness: Attractions, facilities, and people as predictors. Tourism Analysis, 14(5), 621–636. https://doi.org/10.3727/108354209X12597959359211
Zeng, B. (2013). Media sosial in Tourism. Journal of Tourism & Hospitality, 02(02), 1–2. https://doi.org/10.4172/2167-0269.1000e125