Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Kawasan Kuliner Pasar Lama Tangerang
Main Article Content
Abstract
Wisata kuliner saat ini tengah menjadi tren dan terus dikembangkan karena memiliki kemampuan meningkatkan bisnis UMKM dan menciptakan banyak lapangan kerja. Penjaminan terhadap kepuasan pengunjung menjadi faktor penting dalam pengembangan destinasi wisata kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh fasilitas wisata terhadap kepuasan wisatawan di Kawasan
Kuliner Pasar Lama Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan angket sebagai alat kumpul data. Sebanyak 120 wisatawan terlibat sebagai responden. Hasil pengujian menunjukan bahwa fasilitas wisata berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, namun hanya fasilitas utama dan penunjang secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Pihak pengelola kawasan perlu memelihara dan merawat fasilitas yang sudah ada secara rutin dan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan fasilitas wisata dalam rangka menjamin kepuasan wisatawan.
Article Details
References
Benedicta Jennifer, Yosandri, & Eviana, N. (2022). Peningkatan Keputusan Berkunjung Wisatawan Melalui Pengembangan Citra Destinasi dan Aksesibilitas di Lembah Tepus Bogor. Edu Turisma: An International Journal of Tourism and Education, 7(1), 2022.
Bismika, R., Hambali, R., Setyowati, T., & Kunci, K. (2021). Evaluasi Kualitas Fasilitas Utama dan Fasilitas Penunjang Agrowisata ( Studi Kasus Pada Agrowisata Bosaga Kabupaten Garut ). Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 1642–1647.
Charli, C. O., & Putri, D. A. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Fasilitas Wisata Dan Citra Destinasi Wisata Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung. Jurnal Ekobistek, 9(2), 40–48.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.
Fanggidae, R. P. C., & R. Bere, M. L. (2020). Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan terhadap Fasilitas Wisata di Pantai Lasiana. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(1), 53–66.
Goldman, A., Reid, J., & Rothman, L. S. (1981). Identification of electric quadrupole O2 and N2 lines in the infrared atmospheric absorption spectrum due to the vibration‐rotation fundamentals. Geophysical Research Letters, 8(1), 77–78.
Hasudungan, R. T., Rizkautami, P., Yusrini, L., Usaha, P., Wisata, P., Usaha, P., & Wisata, P. (2019). Keputusan Berkunjung Di Transera Waterpark Bekasi Perlukah Memperhatikan Fasilitas Dan Harga ? IV(November), 56–63.
Hermawan. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan, dan Sarana Pendukung terhadap Kepuasan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Wisatawan. 45, 149.
Huda, N. N., Suryoko, S., & Waloejo, H. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Wisata terhadap Keputusan Berkunjung Kembali dengan Kepuasan Pengunjung sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Hortimart Agro Center Bawen). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 198–206.
Kimes, S. E., & Singh, S. (2014). Spa revenue management. Cornell Hospitality Quarterly. 50, 82.
Lovelock, C., & Wirtz, J. (2014). Services Marketing: People, Technology, Strategy.
Marhanah, S., & Wahadi, W. H. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 13(1), 61–72.
Maruta, H. (2017). Pengertian, Kegunaan, Tujuan Dan Langkah-Langkah Penyusunan Laporan Arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 238–257.
Nurmala, N., Sullaida, S., & Damanhur, D. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Pantai Ujong Blang Lhokseumawe. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 23(2), 73–78.
Pratama, A.R., Rijanta, R., Marwoto, P., & Baiquni, M. (2020). Adaptasi Pengusaha Kuliner akibat Wabah Covid-19 di Kota Malang. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. 3.
Rokhman, O., Ningsih, A. N., Augia, T., Dahlan, H., Rosyada, Amrina, Putri, Dini Arista, Fajar, N. A., Yuniarti, E., Vinnata, N. N., Pujiwidodo, D., Ju, J., Wei, S. J., Savira, F., Suharsono, Y., Aragão, R., Linsi, L., Editor, B., Reeger, U., Sievers, W., Michalopoulou, C., Mimis, A., … Devita, M. (2020). Kepuasan Wisatawan Terhadap Wisata Virtual di DKI Jakarta. Jurnal Berkala Epidemiologi, 5(1), 90–96.
S. Sumarno. (2020). Pengaruh fasilitas penunjang terhadap kepuasan pengunjung wisata kuliner. 45–47.