MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI SOTO BU TJONDRO MELALUI KEPERCAYAAN MEREK

  • Nurina Zhafirah Universitas Asa Indonesia
  • Parlagutan Silitonga Universitas Asa Indonesia
Keywords: Product Quality, Service Quality, Brand Trust, Customer Satisfaction

Abstract

Restaurant is a type of culinary business that is favored by prospective business founders today. The culinary business in Indonesia at this time is growing rapidly and experiencing a significant increase, one of which is Soto Bu Tjondro. The purpose of this study is to improve customer satisfaction with product quality and service quality through the role of brand trust mediation in Soto Bu Tjondro. The respondents in this study are Soto Bu Tjondro customers who have made purchases more than 2 times. The data collection method uses questionnaires that are share to respondents. This sampling technique is purposive sampling with 163 respondents. Data analysis using the PLS-SEM method with the tool used, namely SmartPLS 3.0. The results showed that product quality did not have a significant effect on brand trust and customer satisfaction. But other results showed that there was a significant influence.

Restoran merupakan jenis usaha bidang kuliner yang diminati para calon pendiri usaha zaman sekarang. Bisnis kuliner di Indonesia pada zaman ini berkembang dengan pesat dan mengalami peningkatan yang signifikan salah satunya adalah Soto Bu Tjondro. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan kualitas produk dan kualitas pelayanan melalui peran mediasi kepercayaan merek di Soto Bu Tjondro. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan Soto Bu Tjondro yang telah melakukan pembelian lebih dari 2 kali. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden.Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan 163 responden. Analisis data menggunakan metode PLS-SEM dengan alat yang digunakan yaitu SmartPLS 3.0. Penelitian menghasilkan bahwa kualitas produk tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek dan kepuasan pelanggan. Tetapi hasil yang lainnya menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan.

Published
2023-06-16
Section
Articles