PENGARUH KUALITAS PRODUK, MEDIA SOSIAL, DAN SUASANA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOPCUR HJ. NAWI JAKARTA

Studi Kasus pada Kopcur Hj. Nawi Jakarta

  • Niko Raihan Firdaus Universitas Asa Indonesia
  • Darwin Raja Unggul Saragih
Keywords: product quality, social media, atmosphere, purchase decision

Abstract

A B S T R A C T

The purpose of this study was to analyze the effect of product quality, social media, and atmosphere on the purchasing decisions of customers at Kopcur Hj. Nawi. This study used the accidental sampling method, with a total sample of 100 people and tested the validity and reliability of 30 respondents who had previously purchased products at Kopcur Hj. Nawi. Data were collected using a questionnaire and analyzed using multiple linear regression analysis with the classical assumption test, multiple linear regression test, test the coefficient of determination, and test the hypothesis with the t test and f test. This study resulted in a statement that product quality, social media and atmosphere have a significant effect on purchasing decisions of Kopcur Hj.Nawi customers, either partially or simultaneously. By focusing on improving product quality, social media promotion and an Atmosphere that provides comfort and cleanliness, companies can improve purchasing decisions, which in turn has a positive impact on business performance and sustainability.

 

A B S T R A K

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, media sosial, dan suasana terhadap keputusan pembelian pelanggan di Kopcur Hj. Nawi. Penelitian ini menggunakan metode accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang dan menguji validitas dan reliabilitas terhadap 30 responden yang sebelumnya pernah membeli produk di Kopcur Hj. Nawi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan uji t dan uji f. Penelitian ini menghasilkan pernyataan bahwa kualitas produk, media sosial dan suasana berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan Kopcur Hj.Nawi, baik secara parsial maupun simultan. Dengan berfokus pada peningkatan kualitas produk, promosi media sosial, dan suasana yang memberikan kenyamanan dan kebersihan, perusahaan dapat meningkatkan keputusan pembelian yang pada akhirnya berdampak positif pada kinerja dan keberlanjutan bisnis.

Published
2023-06-16
Section
Articles